Esai

Bayangkan Hidup Tanpa Makan Sayur

Sejak kecil kita sudah disarankan untuk memperbanyak konsumsi sayur-mayur, tetapi sampai saat ini masih banyak orang yang tidak suka makan sayur. Sayuran memang sering sekali menjadi makanan yang paling dihindari, bahkan nggak hanya dari kalangan anak-anak, orang dewasa pun banyak yang nggak suka sayuran. Contoh kasus misalnya saat kita makan diluar atau saat makan disuatu acara, jika makanan tersebut ada sayurnya, selalu saja disisikan.

Sebenarnya, banyak orang disekitar kita yang selalu mengingatkan untuk makan sayur, misalnya ibu, “Dicoba dulu” katanya, tetapi mau dipaksa bagaimanapun ya tetap susah untuk makan sayur, bahkan banyak juga yang mencibir dan bingung bagaimana bisa ini orang tidak suka sayur. Kasus ini sangat sering ditemui, nggak hanya satu dua orang yang mengalami kasus seperti ini.

Tapi sebenarnya kenapa orang nggak suka makan sayur, apa alasanya?

Jika ditanya kenapa nggak suka sayur pasti jawaban sederhananya ya karena rasanya tidak enak, hambar, pahit. Ada juga yang beralasan karena tekstur, baunya yang nggak enak dan berbagai alasan lainnya. Kebanyakan orang lebih suka makanan makanan dengan kalori tinggi, misalnya daging, susu. Saat ini kebanyakan orang lebih menyukai makanan cepat saji, karena ya memang rasanya yang lezat, padahal jika kia terlalu sering memakan makanan tersebut tidak baik untuk kesehatan.

Sebenarnya sepenting apa sayuran bagi tubuh kita?

Semakin dewasa, kita tersadar bahwa ternyata asupan sayur itu memang sangatlah penting bagi kesehatan. Sayur adalah makanan super yang sangat baik untuk kesehatan, dan bisa menjauhkan kita dari berbagai penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes. Sayuran juga memiliki berbagai kandungan yang sangat sehat, termasuk serat, vitamin dan antioksidan yang berguna bagi tubuh.

Banyak manfaat mengonsumsi sayuran untuk kesehatan yang bisa kita dapatkan diantaranya : sayuran sangat baik untuk pencernaan, sayuran membuat berat badan ideal, sayuran dapat mencegah hipertensi, menurunkan risiko kanker, meredakan stres, membuat kulit kita jadi sehat, dan masih banyak lagi manfaatnya yang tentu sangat baik dan penting bagi tubuh.

Jadi, meski nggak suka sayur, tetapi kita harus tetap mengonsumsi sayur, walaupun rasanya sulit banget untuk mengunyahnya. Ya gimana lagi, sayuran penting banget bagi tubuh kita. Jangan lihat dari rasanya, kita makan sayur itu karena manfaatnya, fikir saja manfaat yang bisa diperoleh dan sangat berguna bagi tubuh.

Apa sih akibatnya jika kita nggak pernah makan sayur?

Jika kita nggak pernah mengonsumsi sayuran atau bahkan nggak suka sayur sama sekali, maka tubuh pun bisa jadi kekurangan asupan nutrisi yang dibutuhkan. Efeknya tubuh pun jadi kurang sehat dan rentan terhadap berbagai penyakit. Maka dari itu, agar kita termotivasi untuk mengonsumsi sayuran, maka kita perlu tahu dampak negatif apa saja yang terjadi pada tubuh jika kurang mengonsumsinya.

Dengan diperlukannya asupan berbagai vitamin dan mineral yang bersumber dari sayuran, berikut merupakan gangguan kesehatan yang bisa terjadi dan tanda tubuh kurang konsumsi sayur misalnya : mudah memar, sering kelelahan, sakit tak kunjung sembuh, bikin lemot, sering kram otot, kenaikan berat badan, gampang stres, berisiko terkena kanker. Serem banget bukan.

Lalu, apa solusinya agar kita suka makan sayur?

Sebenarya nggak mudah juga kalau tiba-tiba kita jadi suka sayur, karena ya memang selera dan itu sesuatu yang alamiah untuk tidak menyukai sayur. Tapi mungkin kita bisa mencoba menerapkan tips-tips dari Hello Sehat berikut demi tubuh kita.

  • Masak sayur pakai rempah-rempah

Misalnya tumis sayuran dengan menambahkan ketumbar, lada, bawang putih, atau perasan jeruk nipis atau lemon untuk memperkuat rasa.

  • Jadikan minuman

Misalnya membuatnya jadi jus atau smoothies. Campurkan sayur dengan buah-buahan kesukaan untuk menetralisir rasa sayuran. Namun perlu juga diingat bahwa memblender sayuran akan akan mengurangi kandungan seratnya.

  • Olah sayuran jadi camilan

Misalnya dengan menggoreng bayam jadi keripik atau menyelipkan sayur ke dalam camilan favorit, seperti martabak telor. Tambahkan juga macam-macam potongan sayuran ke dalam mangkuk mi instan saat lagi ngidam makan mi, misalnya sawi, wortel kita potong kecil-kecil agar tidak terlalu berasa sayurnya.

  • Pilih sayur yang warna-warni

Selain rasa, penampilan sajian makanan juga ikut memengaruhi nafsu makan. Maka, usahakan untuk memasukkan beragam sayur warna-warni demi memanjakan mata. Misalnya, warna putih dari toge, warna hijau dari daun singkong, dan warna oranye dari wortel.

Setelah kita tahu apa manfaat sayur dan akibat dari tidak pernah makan sayur, kita harus bisa menerapkan atau mencoba tips-tips tersebut agar kita bisa menyukai sayuran, bayangkan jika hidup tanpa makan sayur, ditubuh kita tidak pernah terisi sayur sama sekali, mau jadi apa tubuh kita, hal itu justru akan merepotkan kita di kemudian hari. Semangat pejuang sayur!!

Penulis: Azra Azharfa Zatalin

(Visited 16 times, 1 visits today)

Join The Discussion