Esai

Public Speaking : Keahlian atau Bakat?

Kemampuan berbicara di depan umum biasa disebut dengan kemampuan public speaking. Bagi beberapa orang, berbicara di depan umum terkadang merupakan hal yang sulit. Karena kita harus menyampaikan pesan dengan jelas agar pendengar bisa memahami apa yang kita sampaikan. Kemampuan public speaking tidak hanya dibutuhkan oleh pelajar dan mahasiswa. Namun, masyarakat umum juga membutuhkan kemampuan tersebut.

Keahlian sendiri dapat diartikan bahwa seseorang telah “mahir” dalam melakukan sesuatu. Apabila seseorang dianggap memiliki keahlian berbicara di depan umum, maka ia telah fasih untuk berbicara di depan umum. Biasanya seseorang yang memiliki kemampuan public speaking yang baik akan dianggap sebagai pribadi yang pintar dan tanggap dalam mengatasi masalah.

Public speaking memang bukan hanya ajang untuk berbicara di depan umum, namun juga seni dalam menyampaikan sesuatu. Karena ketika menyampaikan sesuatu pastinya kita harus menyusun kata demi kata agar pesan tersampaikan dengan baik. Untuk menghadapi situasi tersebut, kita memerlukan teknik khusus hingga menciptakan keahlian public speaking agar dapat berbicara dengan lancar.

Meskipun begitu, ada juga manusia yang memang terlahir dengan anugerah dari Tuhan memiki bakat untuk berbicara di depan umum tanpa ragu-ragu. Mungkin karena sikap dan karakternya yang sangat mendukung menjadi speaker yang handal. Namun, jika kalian merupakan salah satu manusia yang tidak memiliki bakat itu, maka kalian bisa membuat bakat itu muncul dari diri kalian sendiri. Melalui kesempatan yang ada, kalian bisa mengasah kemampuan public speaking menjadi salah satu keahlian kalian.

Beberapa orang juga menganggap bahwa pribadi introvert memiliki kesulitan dalam berkomunikasi. Tidak menutup kemungkinan bahwa seorang introvert dapat memiliki keahlian public speaking yang baik. Karena semua tergantung pada niat dan bagaimana cara manusia memanfaatkan anugerah yang diberikan oleh Tuhan. Ada beberapa faktor yang membantu kita dalam meningkatkan kemampuan public speaking, yaitu :

  1. Faktor internal, berasal dari kepercayaan diri kita sendiri. Apabila kita merasa nyaman dengan diri sendiri, maka akan meningkatkan kenyamanan diri untuk berbicara didepan umum. Cara melatih kepercayaan diri dengan sering berkomunikasi dengan banyak orang agar tidak merasa canggung ketika berbicara di depan umum. Hal tersebut bisa membantu kita untuk berbicara lancar di hadapan umum karena sudah terbiasa berbicara di hadapan umum.  
  2. Faktor eksternal, situasi pendengar (audiens). Dalam menyampaikan pesan kepada khalayak umum pastinya harus mengetahui situasi dan kondisi umum yang ada. Ketika akan berbicara di depan umum kita harus mengetahui dimana kita akan berbicara, siapa yang akan menjadi target pendengar kita, dan bagaimana cara yang baik agar pesan dapat tersampaikan dengan jelas.

Hal lain yang perlu diperhatikan juga ialah etika berbusana. Memilih busana yang nyaman, sopan dan sesuai keadaan ketika akan melakukan kegiatan public speaking. Dengan begitu, pendengar mengetahui bahwa kita sudah mempersiapkan diri dengan baik untuk berbicara dihadapan mereka.

Sementara hal dasar yang bisa kita gunakan untuk meningkatkan kemampuan public speaking adalah dengan memperhatikan teknik vokal, bahasa tubuh, dan mengatasi kecemasan saat di hadapan umum. Yang pertama, terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan mengenai teknik vocal.

  1. Intonasi, yaitu pemilihan nada bicara agar pendengar bisa memahami apa yang dibicarakan,
  2. Artikulasi, yaitu pengucapan kata demi kata secara jelas menghindari kesalahpahaman dalam menangkap informasi yang dibawakan,
  3. Aksentuasi, yaitu penekanan dalam kata kata inti yang perlu ditegaskan kepada pendengar,
  4. Pemenggalan kalimat, berkaitan dengan teknik pernafasan agar kita mampu menentukan jeda untuk pengambilan nafas pada saat berbicara.

Bahasa tubuh harus diperhatikan untuk menunjukkan kepercayaan diri, hal tersebut dapat dilakukan dengan cara

  1. Berjalan tenang dan tidak terburu-buru ketika akan menuju ke panggung/hadapan umum,
  2. Mencari tempat yang bisa dilihat pendengar,
  3. Posisi badan tegak, tidak bersandar pada kursi/tembok,
  4. Jangan lupa melakukan kontak mata dengan pendengar sebagai tanda saling melakukan komunikasi,
  5. Ekspresi wajah yang sesuai dengan situasi pembicaraan.

Tips untuk kalian yang sering merasa gugup ketika akan berbicara di depan umum dapat dengan

  1. Mengatur nafas,
  2. Melakukan latihan atau pemanasan berlatih berbicara sebelum berhadapan dengan pendengar,
  3. Fokus terhadap hal yang akan disampaikan,
  4. Menenangkan diri dengan mendengarkan musik, membaca teks yang akan dibacakan, atau berbincang dengan orang lain untuk mengurangi kecemasan.

Nah, itu tadi beberapa hal yang bisa kalian perhatikan ketika melakukan public speaking. Sejatinya public speaking merupakan keahlian dan bakat yang senantiasa dapat terus dikembangkan dalam diri kita. Tetap semangat dan semoga bermanfaat.

Editor: Lina Khoirun Nisa

(Visited 138 times, 1 visits today)

Join The Discussion