Esai

Mengapa Orang-Orang Lebih Suka Menyendiri?

freepik.com

Jika kalian ditanya tentang pertanyaan tersebut kalian akan menjawab apa? Pasti 90% dari kalian akan menjawab karena orang tersebut adalah seorang introvert. Tapi pernah nggaksih kalian cari tahu alasan lain mengapa orang tersebut cenderung lebih suka menyendiri serta menutup diri selain karena alasan introvert? Nah, yuk kita bahas.

Kenapa sih orang-orang lebih suka menyendiri? Bisa jadi karena mereka kurang nyaman bila berhadapan maupun bersosialisasi dengan orang banyak. Hal yang kita anggap biasa, yaitu bersosialisasi dengan orang lain bisa jadi membuat orang-orang yang sukanya menyendiri seperti mereka akan merasa pressure karena harus bersosialisasi dengan orang banyak. Dalam pikiran mereka ketika bertemu dengan orang banyak harus membangun suasana yang menyenangkan dan tidak canggung.

Biasanya orang-orang yang memiliki kepribadian cenderung introvert akan mencari tahu lebih dulu tentang bagaimana caranya mencari topik pembicaraan yang tidak menyinggung lawan bicaranya dan sebisa mungkin membangun suasana yang menarik agar tidak terkesan canggung saat berbicara dengan lawan bicaranya tersebut. Oleh sebab itu, mereka akan merasa lebih baik berada di dalam rumah daripada harus keluar bertemu dengan orang banyak yang menurut mereka akan membuat stres dan canggung.

Di satu sisi, mungkin ada hal lain yang membuat mereka cenderung malas untuk bersosialisasi dengan orang banyak. Bisa jadi karena mereka merasa khawatir tentang kehadirannya apakah dapat diterima oleh orang lain dengan baik atau tidak dan apakah mereka dapat merasa nyaman apabila ada kita di tempat tersebut. Bisa juga karena mereka memiliki pengalaman yang buruk ketika bertemu dengan orang asing, yaitu diperlakukan tidak baik oleh orang asing sehingga hal itu membuat mereka trauma untuk bertemu dengan orang baru. Pemikiran-pemikiran seperti inilah yang membuat mereka cenderung berpikir dua kali sebelum memutuskan bersosialisasi dengan banyak orang. Karena pemikiran-pemikiran ini juga mereka cenderung lebih suka overthinking sebelum bertemu dengan orang banyak.

Namun, kita juga makhluk sosial yang cepat atau lambat pasti butuh yang namanya bersosialisasi dengan orang lain dan sewaktu-waktu juga butuh bantuan dari orang lain juga. Maka dari itu, yuk biasakan diri untuk memulai bertemu dengan orang baru karena mereka tidak selamanya buruk seperti yang kita bayangkan. Bisa jadi mereka orang-orang yang sangat baik dan bisa saja di masa depan mereka orang-orang yang sudah dipersiapkan oleh Sang Pencipta untuk menolong kita di kala kita sedang kesusahan dan membutuhkan pertolongan dari orang lain.

Alasan yang lainnya bisa juga karena mereka merasa lebih nyaman sendiri. Dalam artian di kala mereka sendiri tanpa adanya orang lain mereka bisa menjadi dirinya sendiri sesuai dengan apa yang mereka mau tanpa perlu berpura-pura menjadi orang lain di hadapan banyak orang. Banyak orang cenderung menjaga image ketika bertemu dengan orang baru untuk mendapatkan kesan yang baik dari orang lain dan supaya terlihat memiliki kepribadian yang menarik dihadapan orang baru. Sebenarnya tidak ada salahnya dengan hal itu karena itu berarti kita menunjukkan sikap menghargai dan menghormati terhadap orang baru tersebut.

Akan tetapi, yang menjadi masalahnya adalah ketika orang tersebut mengubah total penampilan bahkan sifat dan kepribadiannya sendiri demi dipandang baik oleh orang baru. Mereka cenderung tidak peduli apa dampak yang nantinya akan diterima oleh mereka jikalau mereka mengubah total penampilan dan kepribadiannya tersebut. Mereka akan merasa tertekan sampai- sampai mereka memiliki pemikiran bahwa ini bukan diriku yang dulu dan tidak mengenali dirinya yang sekarang. Hal itu juga akan berdampak pada kehilangan jati diri mereka sendiri karena tidak dapat mengenali dirinya yang sekarang. Oleh karena itu, mereka lebih suka menyendiri karena bisa bebas melakukan apapun sesuai apa yang dimau tanpa perlu khawatir tentang bagaimana pemikiran orang dan bagaimana penilaian orang terhadap dirinya sendiri.

Orang yang lebih suka menyendiri cenderung menutup diri dan tidak terbuka dengan orang lain bahkan dengan orang tuanya sendiri. Mereka lebih suka menyimpan berbagai masalah yang sedang ia alami dalam hatinya sendiri. Hal itu salah karena apapun masalahnya sebaiknya kita menceritakan masalah itu kepada kedua orang tua karena mereka lebih tahu tentang sifat dan watak kita dibanding kita sendiri dan juga mereka lebih berpengalaman dibandingkan dengan kita yang baru berapa belas tahun tinggal di bumi ini.

Memang benar ada yang namanya privasi yang orang lain tidak boleh tahu termasuk kedua orang tua kita kecuali kita sendiri yang tahu. Tetapi ketika kita sedang mengalami masalah yang begitu sulit dan rumit apakah kita hanya akan duduk diam dan berharap masalah akan segera selesai tanpa perlu adanya solusi? Karena kita manusia sebagai makhluk sosial pasti memerlukan bantuan orang lain untuk dapat membantu kita dalam menyelesaikan suatu masalah. Walaupun tidak semua masalah dapat diatasi dengan bantuan orang lain dan kita bisa mengatasinya sendiri.

Akan tetapi orang yang suka menyendiri juga memiliki beberapa kelebihan, lho. Salah satunya adalah ketika mereka sedang menyendiri, mereka akan cenderung lebih kreatif. Kok bisa? Karena ketika kita sedang menyediri kita cenderung dapat lebih fokus mendengar isi hati kita.

Kesendirian dapat membantu kita untuk dapat berpikir secara lebih mendalam dan lebih detail. Ketika sedang menyendiri, kita dapat mengembangkan imajinasi-imajinasi yang ada dalam pikiran kita kemudian mengembangkannya menjadi ide-ide atau inovasi baru yang belum pernah ada sebelumnya serta berbeda dari yang lainnya. Ide-ide inilah yang nantinya dapat

dikembangkan menjadi produk-produk kreatif yang berbeda dari biasanya dan belum pernah ada orang yang menciptakan produk keratif ini sebelumnya.

Salah satu kelebihan orang yang suka menyendiri adalah mereka akan dapat lebih baik dapat menghadapi rasa stress dan cemas yang berlebihan. Rasa stress dapat berasal dari tugas-tugas sekolah, tugas-tugas kuliah, maupun tuntutan pekerjaan yang akan membuat orang merasa stress dan tertekan. Oleh karena itu, orang perlu yang namanya me time. Dengan adanya me time seseorang dapat dengan bebas melakukan sesuatu hal sesuai keinginannya sendiri. Bisa dengan membaca buku, menulis, menyanyi, bersepeda ke suatu tempat, ataupun melakukan hal-hal lainnya yang ingin dilakukan ketika sedang me time.

Me time ternyata juga memiliki berbagai manfaat bagi tubuh kita, lho. Dengan melakukan me time kita bisa mengistirahatkan otak sehingga pikiran kita menjadi lebih jernih. Ketika pikiran kita sudah menjadi lebih jernih, kita cenderung dapat meningkatkan produktivitas dan konsentrasi dalam bekerja. Kita juga dapat meningkatkan kreativitas dan imajinasi kita dalam memandang suatu hal yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya.

Melalui ide-ide tersebut pula dapat kita kembangkan menjadi produk inovasi terbaru yang berbeda dari sebelumnya. Stress yang berkepanjangan dapat membuat tubuh kita akan merasa lebih cepat lelah dan capek serta dapat merusak pola tidur kita selama ini. Dengan kita meluangkan waktu untuk me time kita dapat meningkatkan kualitas tidur dan memperbaiki pola tidur kita supaya dapat berjalan dengan normal seperti sediakala.

Selain itu, dengan menyendiri dapat melatih fokus dan konsentrasi kita dalam melakukan suatu pekerjaan. Ketika kita sedang melakukan suatu pekerjaan secara berkelompok atau dalam tim, kita cenderung lebih susah untuk berkonsentrasi untuk bekerja karena adanya distraksi atau gangguan-gangguan yang dilakukan oleh rekan sekerja kita. Terlebih lagi banyaknya ide-ide ataupun pendapat yang diungkapkan oleh teman-teman sekerja kita sehingga membuat kita lebih sulit untuk berkonsentrasi. Beberapa orang ada yang memiliki tipe tidak dapat berpikir jernih atau tidak dapat berkonsentrasi ketika mereka sedang berada di keramaian. Maka dari itu, beberapa orang lebih suka melakukan atau menyelesaikan pekerjaannya sendiri daripada harus diselesaikan secara berkelompok yang membuat mereka kesulitan untuk berkonsentrasi.

Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa orang-orang yang suka menyendiri belum tentu adalah orang yang introvert. Ternyata setelah kita telusuri alasan dibalik orang yang suka menyendiri terdapat beberapa penyebab mengapa mereka lebih suka sendiri. Dan juga tidak selamanya bahwa menyendiri itu terlihat buruk dan menyedihkan. Terkadang kita perlu untuk menyendiri guna menyegarkan kembali otak kita dari tuntutan tugas-tugas kuliah ataupun tuntutan pekerjaan. Jadi, kapan kamu akan punya waktu luang untuk dirimu sendiri? Jangan  terlalu sibuk dan keras pada dirimu sendiri. Luangkanlah sedikit waktumu untuk sekedar melakukan me time yang memiliki sejuta manfaat bagi diri kita sendiri.

Editor: Lina Khoirun Nisa

(Visited 40 times, 1 visits today)

Join The Discussion