Funny

Anak Solo Mainnya ke mana?

Narasi Budaya – Sebagian warga Solo atau bahkan para mahasiswa perantauan pasti pernah merasa bosan karena liburannya di situ-situ saja, ingin liburan ke luar Solo tapi bingung mau ke mana? Tenang dan jangan kawatir karena masih banyak kota di dekat Solo, seperti Semarang, Jogja, Karanganyar, dan Klaten yang menyuguhkan tempat wisata menarik dan pastinya perlu dijelajahi. Berikut 5 rekomendasi destinasi wisata anti boring yang dapat kamu jadikan sebagai referensi tempat liburan.

  1. Pantai Parangtritis (Bantul, Yogyakarta)

Pantai Parangtritis merupakan pantai sejuta umat yang paling banyak digandrungi oleh para wisatawan karena memiliki pemandangan yang menakjubkan. Pernyataan itu tak bisa dibantah karena pada kenyataannya Pantai Parangtritis memang se-recomended itu untuk dikunjungi. Jika kamu ingin mengunjungi pantai ini, saya sarankan untuk datang pada sore hari. Dengan begitu, kamu dapat menikmati pemandangan sunset yang memanjakan mata. Di sini kamu juga dapat merasakan sensasi seru saat menaiki delman atau mengendarai ATV di sepanjang bibir pantai. Hal ini akan menjadikan liburan kamu menjadi pengalaman yang sangat istimewa dan tak terlupakan. Bagi kamu yang suka membeli oleh-oleh, tidak usah merasa kawatir karena sudah banyak warung atau toko yang menjual berbagai macam cinderamata khas Parangtritis mulai dari makanan sampai pakaian. Untuk mengunjungi area ini, hanya perlu membayar tiket sebesar Rp10.000,00 dan biaya parkir kendaraan.

2. Saloka Theme Park (Tuntang, Semarang)

Saloka merupakan taman rekreasi terbesar yang ada di Jawa Tengah atau kamu bisa menyebutnya Dufan-nya Jawa Tengah. Dengan mengeluarkan uang sebesar Rp120.000,00 – Rp150.000,00 kamu sudah bisa mencoba 25 wahana yang tersedia dengan sepuasnya. Jika sedang berlibur ke Saloka, jangan pernah melewatkan wahana Paku Bumi karena dengan menaiki wahana ini kamu dapat melihat pemandangan Rawa Pening yang menakjubkan dari ketinggian. Selain itu, saya juga menyarankan agar kamu berkunjung ke Saloka pada weekend atau hari libur, di hari itu kamu dapat menikmati pertunjukan cerita rakyat Baru Klinthing dengan sensasi yang berbeda. Fasilitas yang tersedia di Saloka sudah memadai, seperti parkir yang luas, klinik kesehatan, loker penitipan, persewaan skuter listrik, peminjaman kursi roda, toilet, musala, dan restoran. Bahkan, kamu tidak perlu capek-capek berjalan dari area parkir ke loket tiket karena pihak Saloka sudah menyiapkan mini bus untuk menjemput kamu.

3. Medjora Cafe (Ngargoyoso, Karanganyar)

Medjora Cafe merupakan kafe yang mengusung tema unik dengan vibes Pulau Dewata. Kafe ini memiliki area yang cukup luas dan dibagi menjadi indoor dan outdoor. Pada bagian indoor terdapat berbagai macam pernak-pernik vintage yang menambah kesan estetis pada ruangan. Sedangkan, di bagian outdoor akan didapati banyak tanaman yang dapat menambah kesan asri dan sejuk. Selain itu, juga terdapat banyak spot yang bisa dijadikan sebagai tempat berfoto. Kamu akan betah berlama-lama di sini karena tempatnya yang nyaman. Menu yang tersedia beragam dan harganya cukup terjangkau yaitu mulai dari Rp2.000,00 untuk minuman dan Rp10.000,00 untuk makanannya. Lokasi kafe ini berada cukup dekat dengan berbagai destinasi wisata populer, seperti kebun teh Kemuning, Air Terjun Jumog, Bukit Paralayang, dan Candi Cetho.

4. Rawa Jombor (Bayat, Klaten)

Rawa Jombor merupakan tempat wisata dengan pemandangan indah yang baru-baru ini populer. Selain menikmati pemandangan alamnya, di sini kamu juga bisa seru-seruan dengan menaiki boat kecepatan tinggi, bersantai berkeliling rawa menggunakan perahu, atau bahkan sekedar memancing ikan. Waktu yang tepat untuk berkunjung ke Rawa Jombor adalah pada pagi, sore, dan malam hari. Kamu hanya perlu membeli tiket masuk sebesar Rp5.000,00 untuk dapat menikmati keindahan Rawa Jombor.

5. Bukit Pengilon (Gunung Kidul, Yogyakarta)

Selain terkenal dengan pantai pasir putihnya, Gunung Kidul juga terkenal dengan panorama bukitnya yang cantik seperti Bukit Pengilon. Di atas bukit ini, kamu dapat menikmati indahnya pantai Siung, Wediombo, dan Watu Lumbung secara bersamaan ditemani dengan suara deburan ombak. Selain itu, kamu juga akan disuguhi oleh pemandangan Air Terjun Banyu Tibo yang akan langsung bermuara ke laut. Walaupun berada di ketinggian, kamu jangan merasa khawatir akan kelaparan karena di sini sudah terdapat warung makan dengan harga yang terjangkau. Kamu dapat memanfaatkan berbagai jasa yang sudah disediakan oleh pengelola Bukit Pengilon seperti jasa fotografer, jeep wisata, persewaan tenda, dan guide tour untuk melengkapi liburanmu. Terkhusus kamu yang gemar berkemah bisa bermalam disini karena sudah terdapat camping ground.

Editor : Ratih Gusti Permata Sari

(Visited 30 times, 1 visits today)

Join The Discussion