Bahasa

Mahasiswa Sibuk? Ini 5 Cara Mudah Menjaga Kondisi Badan Tetap Fit

Narasi Budaya – Halo sobat mahasiswa!Bagi sebagaian orang, menjalani kehidupan hiruk-pikuk mahasiswa menjadi hal yang terasa berat. Sebagai seorang mahasiswa tentunya harus memenuhi kewajibannya, yaitu belajar dan memenuhi seluruh tugas. Selain itu, bagi mahasiswa kura-kura (kuliah rapat – kuliah rapat) tentunya juga harus memenuhi tanggung jawabnya. Jadwal kuliah yang begitu padat dan disertai dengan kegiatan organisasi dapat membuat kondisi badan menjadi lemas lesu, kurang fit, dan mengakibatkan fokus yang tidak stabil. Hal ini dikarenakan, selama menjalankan kegiatan tersebut, energi yang ada di badan maupun pikiran akan terkuras. Oleh karena itu, yuk simak tips berikut ini, agar badan tetap fit dikala kegiatan perkuliahan!

  1. Minum Air putih yang cukup

Air putih atau air mineral tidak dapat diragukan lagi manfaatnya. Banyak sekali manfaat dari air putih, salah satunya mencegah terjadinya dehidrasi, membuat kondisi menjadi lebih fokus dan mempertahankan energi dalam tubuh. Konsumsi delapan gelas air putih dapat menjaga kondisi tubuh agar tidak dehidrasi serta menjaga pikiran untuk tetap fokus saat menjalankan kegiatan perkuliahan. Jangan lupa untuk selalu membawa tumbler minum ya!

2. Makan dengan gizi yang seimbang

Biasanya, Sebagian mahasiswa kurang memperhatikan apa yang mereka konsumsi. Terlebih kagi bagi mahasiswa perantau yang tinggal di kost.  Untuk mendapatkan kondisi badan yang sehat dan fit, tentunya kita harus memperhatikan gizi yang pada makanan dan minuman yang akan dikonsumsi. Konsumsilah makanan dengan gizi yang seimbang. Karbohidrat, protein, dan serat perlu ada di piring makananmu. Makanan dengan gizi yang seimbang akan lebih menyehatkan tubuh dan menjaga sistem kekebalan tubuh. Hal itu karena keperluan tubuh akan makanan dapat tercukupi sesuai dengan kebutuhan. Jangan lupa untuk konsumsi buah-buahan dan air putih, ya!

3. Tidur dan istirahat yang cukup

Tidur selama 6-8 jam cukup untuk memenuhi waktu istirahat dalam seharinya. Tidur dengan waktu yang cukup dan pola yang teratur mampu memberikan manfaat berupa meningkatkan produktivitas, memperkuat daya tahan tubuh, dan sebagainya. Tidur yang cukup juga dapat mengurangi stress yang dapat menggangu kondisi daya tahan tubuh.  Tidur siang selama 30 menit sehari juga cukup untuk mengistirahatkan tubuh dan pikiran. Jadi, bagi sobat mahasiswa jangan lupa untuk tetap memperhatikan waktu istirahat, ya!

4. Olahraga di waktu yang tepat.

Pada saat menjalankan kegiatan perkuliahan, Sebagian mahasiswa mungkin sulit mendapatkan waktu luang untuk melakukan aktivitas olahraga akan tetapi, olahraga ini penting untuk dilakukan agar badan tetap fit dan sehat. Kegiatan olahraga ini dapat dilakukan 3-4 kali dalam seminggu. Sobat mahasiswa dapat mencari waktu luang di tengah-tengah kesibukan, di awal pagi hari ataupun di hari weekend.  Waktu terbaik untuk berolahraga pada bulan puasa ini adalah 15-30 menit. Carilah olahraga yang kalian sukai serta praktis untuk dilakukan.

5. Konsumsi suplemen daya tahan tubuh

Mengkonsumsi suplemen baik untuk tubuh asalkan memperhatikan jenis asupan yang dibutuhkan oleh tubuh. Pada saat kondisi mulai lesu dan pikiran menjadi tidak fokus, tubuh akan kekurangan asupan vitamin, air, dan nutrisi yang menyebabkan kondisi tubuh rentan terhadap masalah kesehatan. Terdapat beberapa suplemen seperti Vitamin A, C, D, B1 dan B2, Zinc, Magensium, dan sebagainya yang diperlukan oleh tubuh. Vitamin yang sangat baik dikonsumsi saat bulan Ramadhan adalah Vitamin C karena mampu meningkatkan fungsi sel imun yang berkaitan erat dengan daya tahan tubuh.

Itulah beberapa tips menjaga kondisi badan agar tetap fit bagi mahasiswa yang tengah sibuk menjalankan berbagai aktivitasnya, yang diharapkan dapat membantu kalian untuk tetap menjaga kesehatan. Semoga tips ini dapat membantu sobat mahasiswa agar dapat menjaga kondisi tubuh. Terima kasih telah membaca artikel ini sampai habis. Jika Anda memiliki pertanyaan, saran, atau kritik, silakan tulis di kolom komentar di bawah ini. Sampai jumpa di artikel tips selanjutnya!

Editor: Ghadis Tiranita

(Visited 29 times, 1 visits today)

Join The Discussion