Article

Takut Hari Senin: Lunaediesophobia?

Narasi Budaya – Takut dan panik setiap hari Minggu malam menjelang hari Senin kerap terjadi pada sebagian orang. Fenomena ini biasanya dialami oleh siswa, mahasiswa, ataupun karyawan. Sebenarnya apa yang membuat mereka takut dengan hari Senin?

Hari Senin merupakan awal dimana semua aktivitas akan dimulai setelah hari libur. Semua orang harus siap menghadapi aktivitas sehari-hari entah itu sekolah, kuliah, atau bekerja. Kesibukan akan dimulai pada hari Senin, sehingga banyak orang merasa takut untuk menghadapinya. Ketakutan ini bisa terjadi karena masih ingin menikmati hari libur atau justru malas untuk beraktivitas. Rasa takut ini sering kali dianggap sebagai fobia terhadap hari Senin.

Fobia adalah keadaan dimana kita merasakan perasaan takut berlebihan karena situasi atau objek tertentu yang dianggap mengancam. Fobia tidak dapat dihindari ataupun dikendalikan karena bersifat mutlak. Pengidap gangguan ini sebenarnya tahu bahwa ketakutan yang dialami tidak mempunyai alasan yang jelas, namun tetap saja tidak bisa dihindari. Berdasarkan sedikit uraian terkait fobia tadi, apakah rasa takut terhadap hari Senin bisa dikatakan sebagai fobia? Tentu saja tidak, karena lunaediesophobia adalah istilah yang terbentuk dari kehidupan sehari-hari saja.

Tidak perlu merasa takut yang berlebihan pada hari Senin, karena kalian bisa mempersiapkan diri sebelum memulai aktivitas. Berikut beberapa tips untuk menghadapi hari Senin, antara lain:

  • Melakukan kegiatan yang menyenangkan saat akhir pekan

    Akhir pekan menjadi hari-hari yang menyenangkan karena kita bebas melakukan kegiatan apapun dan beristirahat sejenak dari aktivitas berat saat weekdays. Melakukan kegiatan menyenangkan dapat memulihkan energi kita yang telah digunakan selama satu pekan. Mengisi waktu dengan melakukan kegiatan yang menjadi hobi bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kalian.

    Menyalurkan hobi seperti menonton film, melukis, memasak, membaca buku, dan lain sebagainya bisa menjadi pilihan yang tepat. Kita perlu melakukan hal-hal yang kita sukai setidaknya satu kali dalam satu pekan. Melakukan kegiatan yang kita sukai dapat membuat hari libur menjadi lebih menyenangkan karena kita menikmatinya. Setelah melalui hari libur yang menyenangkan, kita akan lebih siap menghadapi rutinitas di hari Senin.

    • Tidur yang berkualitas di hari Minggu malam

    Rangkaian kegiatan yang sudah kita lalui selama sepekan ditambah aktivitas di hari libur pastinya melelahkan. Istirahat yang cukup bisa memberikan dampak yang besar terhadap perasaan kita esok hari. Tidur lebih awal bisa menjadi pilihan agar tidak bangun terlambat di hari Senin. Bangun terlambat di hari Senin bisaa dipastikan dapat merusak mood. Hal ini dapat terjadi karena Senin di pagi hari pastinya merupakan jam sibuk bagi semua orang

    • Olahraga pagi sebelum memulai aktivitas selanjutnya

    Bangun lebih pagi di hari Senin bukan pilihan yang buruk karena kita mempunyai waktu lebih banyak untuk mempersiapkan diri. Selain itu, kita dapat menyempatkan sedikit waktu untuk olahraga pagi. Olahraga pagi bisa menjadi aktivitas pembuka di hari Senin. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat. Olahraga yang ringan ditambah dengan menghirup udara sejuk dipagi hari saja sudah cukup untuk merilekskan diri sebelum aktivitas berikutnya.

    • Jangan melupakan sarapan pagi

    Sarapan menjadi bagian terpenting sebelum memulai hari Senin. Jangan pernah melewatkannya karena sarapan merupakan sumber energi sebelum kita memulai beraktivitas. Salah satu manfaat sarapan pagi adalah dapat meningkatkan keterampilan kognitif otak. Selain itu, dengan sarapan kita akan lebih bisa berkonsentrasi dalam melakukan pekerjaan apapun.

    • Mengatur agenda untuk satu pekan kedepan

    Menyusun jadwal atau agenda untuk satu pekan dapat menjadi solusi agar pekerjaan tidak menumpuk. Terkadang kita merasa stress di hari Senin karena banyaknya pekerjaan atau tugas yang harus dikerjakan. Mencari pola beraktivitas yang terbaik juga bisa menjadi pilihan dalam melalui hari Senin. Kita harus memastikan agar selalu mempunyai waktu istirahat cukup disetiap aktivitas yang kita lakukan.

    • Mengerjakan tugas penting lebih awal

    Mengerjakan tugas penting lebih awal dapat dilakukan untuk mengurangi beban pekerjaan. Menyempatkan sedikit waktu sebelum menikmati hari libur dengan menyicil tugas penting justru akan membantu kita agar tidak terlalu banyak pekerjaan di hari Senin. Menghindari jadwal atau tugas yang terlalu berat di hari Senin juga perlu dilakukan. Mulailah untuk mengerjakan tugas yang tidak terlalu menguras tenaga sebagai pembukaan di awal pekan ini!

    • Mengubah sikap

    Pola pikir dan sikap kita dalam menghadapi segala permasalahan harus diubah menjadi lebih baik. Selalu bersikap positif mampu mengubah pola pikir kita terhadap suatu keadaan yang berat atau sulit menjadi jauh lebih mudah. Berpikiran negatif terhadap suatu hal yang belum dilalui hanya akan memperburuk pola pikir dan perasaan kita sendiri.

    Hari Senin mungkin memang terlihat menakutkan bagi Sebagian orang. Namun sebenarnya ketakutan tersebut terjadi karena pemikiran kita yang merasa malas untuk beraktivitas kembali. Oleh karena itu, kita perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum memulai aktivitas di hari Senin. Kita harus menanamkan pemikiran bahwa hari Senin sebenarnya tidak seburuk itu. Selalu menikmati aktivitas atau pekerjaan di setiap harinya dapat membantu kita agar bersyukur dan enjoy dalam melalui hari Senin. Anggaplah jika hari Senin sama seperti hari-hari yang lainnya.

    (Visited 30 times, 1 visits today)

    Join The Discussion