Article

Tipe Pasangan Aja Punya, Masa Tipe Organisasi Engga?

Narasi Budaya – Mahasiswa merupakan tahap peserta didik setelah lulus SMA. Menjadi mahasiswa tentunya bukan sesuatu hal yang mudah, tetapi dengan menjadi mahasiswa seseorang bisa berkesempatan untuk lebih banyak belajar sekaligus mengembangkan potensi diri. Hal ini dapat diperoleh dengan mengikuti suatu organisasi. Seseorang yang dulunya sudah mengikuti organisasi tentunya mereka sudah terbiasa. Namun, bagi seseorang yang belum pernah memiliki pengalaman berorganisasi, mereka akan menemukan beberapa kesulitan bahkan apabila memilih organisasi yang tidak sesuai, mereka bisa saja terjerumus ke jalan yang salah. Maka dari itu, tidak hanya tipe ideal pasangan yang harus kita punya, tetapi kita juga harus memiliki tipe ideal untuk organisasi yang akan kita ikuti karena organisasi merupakan bagian dari masa kuliah kita yang apabila kita dapat memilih organisasi yang benar maka kita akan mendapat manfaatnya.

Organisasi ideal merupakan organisasi yang dapat memberikan manfaat dan memiliki kriteria sesuai dengan yang apa yang kita harapkan. Apabila membahas tentang yang namanya kriteria, tentunya setiap orang memiliki perbedaan dalam menentukan kriteria idealnya, termasuk kriteria organisasinya. Menurut opini pribadi, organisasi yang ideal memiliki kriteria sebagai berikut: (1) Organisasi menyediakan bidang yang memberikan manfaat kepada para pengurusnya dan masyarakat sekitar, maka dari itu carilah organisasi yang sesuai dengan minat kamu, apabila kamu ingin mendaftar organisasi yang umum seperti himpunan atau BEM, carilah yang didalamnya terdapat bidang yang sesuai dengan potensi yang kamu miliki agar kamu dapat mengembangkan potensi mu; (2) Organisasi tersebut memiliki lingkungan yang sehat, artinya organisasi tersebut tidak memforsir pengurusnya untuk selalu hadir dalam setiap kegiatannya, sehingga kita perlu bertanya pada kakak tingkat yang pernah bergabung di organisasi tersebut tentag bagaimana sistem kerja di organisasi itu; dan (3) Organisasi tersebut memiliki pembina yang menaungi setiap keberjalannya kegiatannya untuk menjamin keamanan dari organisasi tersebut. Kriteria diatas merupakan garis besar yang perlu diketahui sebelum mengikuti organisasi, kalian yang memiliki syarat khusus atau tipe-tipe tertentu boleh kalian tambahkan sendiri.

Organisasi merupakan bagian dari kehidupan kuliah. Sebenarnya semua organisasi atau UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang berada di lingkungan kampus itu baik, karena masing-masing memiliki fokusnya sendiri-sendiri. Secara umum, dengan mengikuti organisasi kita akan mendapatkan pengetahuan dan wawasan baru, dapat menambah pengalaman, melatih soft skill  seperti public speaking, problem solving, dan time management. Selain soft skill, kita juga dapat melatih hard skill misalnya terampil dalam Microsoft office, editing, desain dan lain-lain. Hard skill dan soft skill ini biasanya didapat tergantung pada bidang yang akan kamu ikuti, apabila kamu berada di bidang PDD (publikasi, dekorasi, dan dokumentasi), kamu bisa mendapatkan skill editing dan desain, apabila kamu berada di bidang sekretaris atau bendahara kamu bisa menambah skill Microsoft, sedangkan jika kamu ada di bidang humas kamu bisa melatih skill public speaking dan negosiasi. Intinya semua bidang memberikan manfaat yang berbeda-beda. Selain melatih soft skill dan hard skill, dengan mengikuti organisasi kamu dapat memperluas relasi dengan kakak tingkat, adik tingkat ataupun teman-teman seangkatan. Pokoknya, apabila kamu menganggap bahwa mengikuti organisasi itu beban, maka yang akan kamu dapatkan adalah sisi negatifnya, sementara jika kamu menjalani dan memilih organisasi yang sesuai, maka akan banyak manfaat yang mendatangimu. Pembahasan selanjutnya yaitu tentang maksud organisasi ideal itu sendiri. Pasti kalian bertanya-tanya, “apasih organisasi ideal itu dan pentingnya apa memiliki tipe organisasi?”. Mungkin bagi kalian, istilah organisasi ideal itu terdengar aneh, tetapi bagiku organisasi ideal itu penting karena kita mempunyai hak untuk memiliki kriteria akan apapun yang akan kita jalani. Adanya istilah ini, bermaksud untuk menciptakan sudut pandang yang berbeda. Organisasi ideal berfokus pada diri kita masing-masing, tentang bagaimana suatu organisasi tersebut memberikan benefit atau manfaat bagi kita, sehingga kita tidak dirugikan setelah mengikuti organisasi tersebut. Manfaatnya memiliki tipe organisasi itu sendiri yaitu agar kita mempunyai gambaran tentang bagaimana organisasi yang akan kita ikuti nantinya agar sesuai dengan minat yang kita miliki. Apabila organisasi tersebut sesuai dengan tipemu tentunya kamu akan enjoy kan. Sama seperti apabila kamu menjalin suatu hubungan dan pasanganmu sudah sesuai dengan tipe yang kamu miliki, kamu akan menjalaninya dengan amat senang, hahaha. Organisasi ideal juga dapat menuntunmu ke jalan yang lebih baik karena organisasi tersebut kamu pilih sesuai dengan kriteria yang kamu inginkan, Apabila kamu memilih organisasi yang benar maka kamu akan nyaman dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab selama keberjalanan kepengurusannya, kamu tidak akan merasa terbebani dan dapat mengembangkan skill yang kamu miliki. So, mulai sekarang ayo tetapkan tipe organisasi ideal milikmu sendiri!

Editor: Muhammad Aditya Wisnu Wardana

(Visited 17 times, 1 visits today)

Join The Discussion