Article

BUDAYA FAKTOR UTAMA PENGINTERNASIONALAN BAHASA INDONESIA BAGI PENUTUR ASING

Narasi Budaya – Budaya adalah hal terpenting dalam suatu Negara suatu cara hidup berkembang yang dimiliki oleh sekelompok orang. Kemudian diwariskan kepada generasi berikutnya. Secara umum, budaya merupakan cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama serta diwariskan dari generasi ke generasi berikutnya. Salah satu budaya yang diturunkan adalah bahasa. Di Indonesia memiliki banyak bahasa daerah . Indonesia menduduki posisi kedua di dunia dengan memiliki bahasa 711 bahasa daerah. Walaupun bahasa daerah di Indonesia banyak tetapi bahasa kesatuan Indonesia adalah Bahasa Indonesia.

Indonesia adalah Negara yang kaya, tak hanya pada sumber kekayaan alam nya, Indonesia memiliki ragam budaya meliputi rumah adat, upacara adat, alat musik tradisional, pakaian adat, tarian adat, lagu daerah, senjata tradisional, dan makanan khas daerah. Dengan adanya ragam budaya di Indonesia kita sebagai orang Indonesia haruslah bangga karena kita tinggal menikmati dan merawat sumber kekayaan Indonesia ini.

Budaya Indonesia sangat beragam karena Indonesia memiliki banyak perbedaan. Seperti perbedaan suku bangsa, ras, agama, dan lain sebagainya. Namun walupun begitu Indonesia adalah Negara yang toleransi dan perbedaan itu lah yang menyatukan bangsa Indonesia. Faktor yang mempengaruhi perbedaan yaitu, letak geografis wilayah Indonesia, kondisi iklim dan alam yang berbeda, pengaruh kebudayaan asing, keberagaman agama,dan  keberagaman ras.

Sebagai pengajar BIPA kita dianjurkan untuk memperkenalkan budaya kita kepada mereka pemelajar Bahasa Indonesia, dalam proses belajar mengajar masukkan unsur budaya didalamnya agar mereka mengetahui budaya dan memahami situasi disekitar kita. Pentingnya mengenalkan budaya Indonesia dengan negara lain yaitu untuk menegaskan bahwa budaya tersebut berasal dari Indonesia bukan dari negara lain. Beberapa tahun silam ada beberapa budaya di Indonesia yang diplagiat oleh negara lain dan negara itu mengaku-ngaku bahwa budaya tersebut berasal dari negaranya. Jadi dari pengalaman tersebut kiya bisa ambil kesimpulan bahwa mengenalkan budaya Indonesia sangatlah penting dan juga jangan lupa melestarikan kepada anak cucu kita agar negara kita tidak di permainkan oleh negara lain.

Untuk itu mari sebagai generasi muda kita harus melestarikan budaya kita dan jangan malu untuk belajar kebudayaan kita yang beraneka ragam agar tidak diambil alih oleh negara lain. Mari kita juga memperluaskan bahasa Indonesia sebagai salah satu budaya dan kesatuan Indonesia.

(Visited 81 times, 1 visits today)

Join The Discussion