dunia kampus

Flashcard: Inovasi Media Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Materi Puisi

Gambar: Contoh visual flashcard

Narasi Budaya – Media yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan di Indonesia saat ini dapat dikatakan sudah cukup berinovasi dan beragam. Inovasi dalam pembelajaran memiliki peran yang sangat penting agar pendidikan di Indonesia menjadi lebih maju dan unggul. Inovasi tersebut tentu muncul karena adanya suatu masalah sehingga barulah muncul sebuah inovasi atau terobosan baru. Salah satu media pembelajaran yang inovatif saat ini yaitu menggunakan flashcard.

Flashcard adalahmedia pembelajaran berbentuk kartu yang bergambar. Kartu tersebut berisi gambar beserta tulisan yang berhubungan dengan suatu tema atau konsep tertentu sehingga merangsang otak untuk lebih lama mengingat suatu materi yang ada. Kartu ini efektif untuk dijadikan sebagai media pembelajaran yang menyenangkan, bahkan dalam bentuk permainan. Selain itu, media flashcard ini juga praktis dan mudah dibawa.

Rancangan Media flashcard yang dikaitkan dengan materi puisi

Flashcard dibuat dari kartu yang berukuran kurang lebih 20×30 cm. Kartu ini memiliki dua sisi, yaitu sisi depan dan sisi belakang. Pada sisi depan berisi huruf alfabet (a-z) sebagai clue atau petunjuk awal untuk menebak kata yang berada di sisi belakang. Sedangkan pada sisi belakang berisi satu kata dengan huruf awal yang sesuai dan telah ditentukan pada kartu di sisi depan tadi. Di sisi belakang juga terdapat ilustrasi gambar yang sesuai dengan kata tersebut.

Misalnya, pada sisi depan terdapat huruf ‘A’, kemudian pada sisi belakang terdapat satu kata yang juga berawalan dengan huruf ‘A’ yaitu ‘Awan’ beserta ilustrasi gambar awan tersebut. Kata yang berada di sisi belakang merupakan kata yang bersifat acak atau tidak ditentukan oleh suatu tema. Hal tersebut bertujuan agar peserta didik dapat menebak dan berpikir secara kreatif tentang kata yang didapatkan untuk dikreasikan dengan ide mereka masing-masing.

Penggunaan media flashcard pada pembelajaran materi puisi

Salah satu materi pembelajaran bahasa Indonesia yaitu materi puisi. Puisi merupakan jenis karya sastra yang berbentuk karangan terikat. Puisi memiliki gaya bahasa yang ditentukan oleh irama, rima, larik, dan bait. Kebahasaan yang terdapat dalam puisi juga bersifat puitis dan dirangkai dengan pilihan kata serta berbagai majas yang indah. Selain itu, puisi juga menjadi sarana untuk menyalurkan ungkapan hati, pikiran, dan pesan oleh seseorang sebagai perwujudan imajinasi manusia.

Dengan demikian, alur penggunaan media flashcardsebagai media pembelajaran khususnya pada materi puisi ini yaitu membutuhkan kolaborasi aktif antara guru dan peserta didik. Langkah-langkah pembelajaran materi puisi menggunakan media flashcard ini antara lain:

  • Penyampaian materi dan penugasan menggunakan flashcard

Pada tahap ini, guru mengawali kegiatan belajar mengajar dengan doa dan salam. Kemudian guru memberikan penjelasan materi pembelajaran terkait puisi. Setelah materi disampaikan, peserta didik diminta untuk bertanya terkait materi tersebut apakah sudah dipahami atau belum.

  • Pelaksanaan penugasan menggunakan flashcard

Pada tahap ini, guru memberikan penjelasan terkait penugasan puisi dengan media flashcard. Guru menyiapkan flashcard yang berisi huruf alfabet, satu kata, dan gambar yang sesuai dengan awalan huruf alfabet tersebut. Kemudian guru mengacak flashcard, lalu peserta didik secara individu diminta untuk mengambil satu kartu secara acak.

Jika semua peserta didik telah mendapatkan flashcard masing-masing, peserta didik diminta untuk membuat satu puisi dengan tema dari kata yang terdapat dari flashcard tersebut sekitar 30 menit.

  • Evaluasi penugasan menggunakan flashcard

Setelah peserta didik selesai membuat puisi, guru bisa memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk mempresentasikan dan membacakan puisi yang telah dibuat di depan kelas. Peserta didik yang berani mengajukan diri, maka guru akan memberikan nilai plus sebagai reward. Kemudian bila tidak ada yang mengajukan diri, maka guru bisa menunjuk peserta didik secara acak untuk mempresentasikan hasilnya. Setiap peserta didik yang telah membacakan puisi di depan kelas, guru akan memberikan evaluasi berupa tanggapan dan penilaian terhadap masing-masing peserta didik tersebut.

Nah itu tadi media flashcard sebagai inovasi pembelajaran bahasa Indonesia khususnya materi puisi. Kalian bisa mengimplementasikan media tersebut dengan langkah-langkah sesuai kebutuhan dan kreativitas masing-masing yaa! Semoga bermanfaat^^

(Visited 1,097 times, 1 visits today)

Join The Discussion