Article

12 Persiapan Sebelum Memasuki Dunia Perkuliahan

Sumber gambar: quipper.com

Setelah menghadapi banyaknya ujian yang menerjang dan menyelesaikan masa – masa paling indah “katanya” yaitu masa SMA, mungkin sebagian dari kalian akan berpikir “setelah lulus kalian bisa terbebas dari penderitaan tugas sekolah, dan saat kuliah bisa memakai baju bebas tanpa aturan seragam atau semacamnya” ternyata dunia perkuliahan tidak seindah itu kawan.

Dunia perkuliahan tidak semenyenangkan yang kalian pikirkan, dunia perkuliahan sangat berat jika tidak kalian siapkan dengan baik. Tetapi saat kuliah kalian juga bisa belajar untuk lebih mandiri, maupun bisa melatih keterampilan kita untuk nantinya menghadapi dunia kerja, oleh karena itu dunia kuliah pasti akan memberikan kesan tersendiri yang akan kalian kenang seumur hidup yang tidak semua orang bisa merasakannya.

Sebelum memasuki perkuliahan kalian harus mengetahui jalur apa saja yang tersedia. Terdapat jalur masuk penerimaan mahasiswa baru, seperti SNMPTN, SBMPTN, Kedinasan, PTKIN maupun jalur masuk universitas lainnya yang sedang dibuka baik dari perguruan tinggi negeri maupun swasta sesuai.

Perjuangan kalian akan terlihat disini, jika kalian berusaha bersungguh-sungguh maka Tuhan akan memberikan yang terbaik untuk kalian.

Bagi kalian lulusan SMA yang ingin melanjutkan masuk ke dunia perkuliahan, banyak yang harus kalian persiapkan matang-matang jauh sebelum kuliah dimulai, berikut ini penjelasannya.

1. Persiapan mental

Kalau saat SMA kalian masih bergantung pada orang tua, maka saat kuliah kalian harus mempersiapkan mental untuk terbiasa hidup mandiri tanpa bergantung pada orang lain, karena kalian sudah dewasa sehingga kalian harus berpikir sebelum bertindak.

2. Mencari kesempatan mendapatkan beasiswa

Walaupun biaya kuliah semakin lama semakin mahal, tetapi hal itu sudah tidak bisa dijadikan alasan untuk tidak melanjutkan kuliah karena sudah banyak beasiswa yang membuka untuk memberikan bantuan dana penunjang bagi mahasiswa baik dari pihak pemerintah maupun swasta. Contohnya beasiswa yang dibuka setiap tahun adalah beasiswa KIP Kuliah, Bidikmisi, LPDP, beasiswa Unggulan dan masih banyak lagi. Jadi, kalian harus banyak mencari informasi terkait beasiswa tersebut agar tidak ketinggalan.

3. Berlatih menggunakan media elektronik sebagai penunjang perkuliahan

Setelah memasuki dunia perkuliahan kalian akan terbiasa mendapatkan tugas yang tak kunjung henti, sehingga kalian harus terbiasa menggunakan media elektronik seperti Zoom, Gmeet, Microsoft, dan lain-lain.

4. Menyiapkan tabungan

Karena perkuliahan adalah tempat belajar untuk bisa hidup mandiri, kalian sangat membutuhkan tabungan untuk menyimpan uang, walaupun kalian masih diberi uang saku oleh orang tua, tetapi kalian tetap membutuhkan tabungan untuk saat-saat mendesak sehingga kalian tidak bingung lagi atau bahkan meminta uang lagi ke orang tua.

5. Membuat jadwal kegiatan

Kalian saat kuliah akan membutuhkan jadwal untuk mendisiplinkan waktu, baik waktu untuk belajar, mengerjakan tugas, istirahat, dll. Jika kalian tidak membuat jadwal kegiatan, kalian akan kewalahan karena banyaknya tugas, baik tugas dari dosen nanti saat kuliah maupun tugas-tugas lainnya.

6. Membuat jadwal rincian tugas

Selain membuat jadwal kegiatan, kalian mungkin juga akan membutuhkan jadwal tugas agar tugas kalian tidak sampai melewati deadline yang sudah ditentukan dan tidak ada tugas yang terlupa sehingga kalian bisa mengerjakan tugas tersebut dengan optimal.

7. Membaca materi yang akan diajarkan

Sebelum memasuki dunia perkuliahan, kalian harus membaca materi apa saja yang akan kalian pelajari ke depannya, sehingga waktu kuliah tidak terlalu kaget dan sudah siap jika diberi materi tersebut.

8. Membeli perlengkapan kuliah

Walaupun tidak semua prodi membutuhkan perlengkapan sebanyak waktu sekolah dulu, ada beberapa prodi yang mengkhususkan perlengkapan kuliah untuk menunjang perkuliahan nanti, maka kalian harus memahami apakah prodi yang sudah kalian pilih membutuhkan perlengkapan kuliah apa saja, sehingga kalian bisa membeli sesuai dengan kebutuhan kalian.

9. Mencari tahu informasi mengenai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

Selain mendapatkan ilmu dari belajar saat kuliah, kalian juga perlu mengikuti organisasi untuk menunjang keterampilan, selain itu kalian juga bisa berkenalan dengan anak-anak prodi lain yang mengikuti UKM yang sama, sehingga kalian juga bisa memperluas relasi serta bisa untuk melatih cara mengatur waktu antara kuliah dan UKM sehingga di antara keduanya tidak ada yang dirugikan.

10. Berkenalan dengan teman satu jurusan

Memiliki teman yang cocok dapat menunjang kondisi selama kuliah nanti, karena kalian bisa diskusi terkait materi maupun agar tidak tertinggal info terkait kuliah, kalian juga bisa menambah relasi dari orang-orang berbagai daerah sehingga secara tidak langsung akan menambah wawasan dan pengetahuan kalian.

11. Mencari asrama/kost yang dekat dengan universitas

Untuk mahasiswa yang tempat tinggalnya jauh dari universitas, pasti akan membutuhkan tempat tinggal yang nyaman untuk menunjang selama hidup di sana dan memperlancar kegiatan kuliah nanti, sehingga sebelum memasuki tahun ajaran baru kalian juga diharapkan sudah mendapatkan tempat tinggal karena pasti nanti sudah banyak yang mendapatkan kost, jika tidak cepat maka ditakutkan akan kehabisan.

12. Menjaga kesehatan

Walaupun nanti ke depannya tetap masih ada anjuran untuk belajar secara daring atau biasa dikenal dengan belajar jarak jauh, kalian masih harus menjaga kesehatan tubuh agar nanti saat sudah memulai kuliah, kalian lebih siap jika sudah menerima materi.

Selain itu, juga diharapkan sebelum kuliah dimulai kalian perbanyak istirahat atau tidur selain untuk menjaga kesehatan badan, hal ini juga bisa sangat bermanfaat karena nanti saat sudah kuliah, waktu tidur kalian akan berkurang yang digunakan untuk mengerjakan tugas maupun menyiapkan materi di kemudian hari.

Nah itulah 10 persiapan sebelum kalian memasuki dunia perkuliahan, diharapkan kalian bisa menyiapkan jauh – jauh hari. Semoga bisa bermanfaat dan kalian harus ingat dunia perkuliahan tidak selalu terlihat indah maupun berat, semua itu tergantung pribadi masing-masing karena keberhasilan tidak dinilai dari awalnya tetapi dinilai dari akhirnya

(Visited 58 times, 1 visits today)

Join The Discussion