Uncategorized

5 Persiapan Hadapi Kuliah Luring

Halo gais. Kalian pada sadar ga sih kalau pandemi Covid-19 di Indonesia sekarang ini sudah mulai mereda, bahkan bisa dibilang hampir selesai.

Pemerintah juga sudah mengeluarkan kebijakan untuk dimulainya Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas untuk semua jenjang pendidikan, mulai dari SD hingga Universitas dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Nah, untuk kalian para milenials yang bakalan memulai perkuliahan tatap muka, aku bakal share 5 tips untuk siap menghadapi perkuliahan luring!

  1. Vaksin
    Vaksin ini wajib ya guys untuk kalian yang mau melaksanakan pembelajaran tatap muka. Minimal dosis 1. Namun, akan lebih baik jika kalian sudah mendapatkan vaksin untuk dosis pertama dan kedua. Vaksin ini penting banget guys, bukan cuma buat kalian yang ingin tatap muka, tapi juga untuk semua orang yang akan melakukan kegiatan di luar rumah. Bahkan untuk yang masih berkegiatan di dalam rumah juga penting untuk mendapatkan vaksin. Karena kita gak bakalan tau kapan dan dimana virus bakal nemuin kita. So, untuk pencegahannya vaksin sangat berperan penting.  Selain itu, vaksin juga merupakan ketentuan wajib dari pemerintah, bagi seluruh civitas akademia yang akan menyelenggarakan pembelajaran tatap muka.  Jadi, buat kalian yang masih belum vaksin, jangan mimpi bisa PTM ya guys. Hehehe.
  2. Kesehatan Jasmani
    Selain vaksin, kita juga harus mempersiapkan kesehatan jasmani ya guys, karena nantinya kita saat akan PTM kesehatan jasmani kita akan diperiksa sebelum memasuki area kampus. Seperti cek suhu, bukti negatif Covid-19, dan lain sebagainya. Teknis dan peraturannya akan mengikuti kebijakan kampus masing-masing. Untuk menjaga kesehatan jasmani, kita bisa mulai dengan rutin berolahraga, mengkonsumsi makanan sehat dan bergizi, serta mengonsumsi vitamin. Jangan lupa untuk menjaga kebersihan, karena kebersihan sangat mempengaruhi kesehatan jasmani kita.
  3. Kesiapan Mental
    Bukan hanya jasmani aja guys yang perlu disiapkan, tapi kesehatan dan kesiapan mental kita juga harus diperhatikan. Saat menjalankan PTM nanti, tentunya akan berbeda dengan keadaan sebelum pandemi. Akan ada banyak peraturan dan kebiasaan baru yang belum biasa kita lakukan. Akan banyak juga kebiasaan lama yang tidak lagi bisa kita lakukan, makan bersama-sama di kantin misalnya. Kesiapan mental ini, bisa kita perkuat dengan banyak membaca peraturan dan ketentuan terkait pembelajaran tatap muka yang berlaku. Baik peraturan dari pemerintah, maupun kebijakan yang berlaku di kampus masing-masing. Dengan mengetahui peraturan-peraturan dan ketentuan-ketentuan itu, nantinya kita tidak akan kaget saat menjalani PTM.
  4. Perangkat PTM
    Perangkat PTM ini maksudntya adalah barang-barang dan alat alat yang akan kita perlukan ddaat tatap muka. Ada banyak sekali barang yang akan dibutuhkan. Mulai dari yang paling uum, yaitu masker. Pastika kalian sudah punya stock masker yang akan digunakan saat PTM, pastikan masker yang akan kalian gunakan dalam keadaan bersih. Masker yang disiapkan, sesuai dengan ketentuan protokol kesehatan yang berlaku saat ini ya guys! Selain masker, kita juga bisa menyiapkan faceshield sebagai alat pelindung wajah. Supaya lebih aman guys. Terus, yang gak kalah penting adalah hand sanitezer. Barang ini banyak dijual dalam kemasan kecil, yang bikin praktis dibawa kemana-mana. Walaupun kampus wajib menyediakan tempat cuci tangan dan sabun, ada baiknya kita juga siapkan hand sanitizer, supaya lebih praktis dan cepat ketika kita ingin membersihkan tangan. Dan yang terakhir, pakaian panjang. Nah, biasanya ini yang banyak dilupakan sama orang-orang guys.  Memang pakaian panjang tidak berhubungan langsung dengan indra pernafasan seperti masker. Namun, dengan mengenakan pakaian panjang, bisa menurunkan resiko tertular virus corona, karena pakaian panjang melindungi sebagian besar tubuh kita dari benda-benda di sekitar kita.  Pakaian panjang, gak selalu panas ko gais. Asalkan kalian bisa memilih pakaian panjang dengan bahan yang berkualitas dan nyaman dipakai, nantinya pakaian panjang akan membuat kita lebih nyaman dan terlindungi.
  5. Izin Orang Tua
    Mungkin, untuk beberapa orang hal ini adalah hal yang remeh, namun kita sebagai manusia beragama dan memiliki adab, maka izin orang tua menjadi salah satu faktor yang penting. Dengan segala upaya yang telah kita lakukan, restu dan doa orangtua bisa membantu kita agar lancar menjalankan PTM dan menjalankan kegiatan lainnya. Selain itu, iin dari orang tua juga merupakan salah satu syarat yang banyak diterapkan di berbagai universitas. Jadi, wajib ya guys buat kalian mendiskusikan hal ini sama orang tua kalian. Supaya nantinya saat PTM tidak ada lagi masalah dan miskomunikasi antara kalian sebagai siswa, orang tua dan juga pihak kampus. 

Nah itu dia guys 5 hal yang perlu kita siapkan untuk menghadapi kuliah luring, semoga bermanfaat. Dan untuk kalian yang akan melaksanakan PTM tetap semangat dan jaga kesehatan yah!

Penulis: Denanda Nazlah Khairunnisa

(Visited 93 times, 1 visits today)

Join The Discussion