Kirim tulisan

Video Berbasis Canva sebagai Media Pembelajaran di Sekolah

Gambar: Video Berbasis Canva

Narasi Budaya – Media pembelajaran merupakan sarana yang digunakan untuk membantu proses pembelajaran. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Hamka dalam Nurfadhillah et al (2021) di mana media pembelajaran adalah alat, baik fisik maupun nonfisik yang digunakan oleh guru sebagai perantara dengan perantara dalam memahami materi pembelajaran agar lebih efektif dan efisien. Selain itu, media pembelajaran ini juga sebagai sumber belajar, termasuk manusia dan benda atau peristiwa yang dapat membuat kondisi siswa untuk memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap (Hamka dalam Nurfadhillah et al, 2021). Dalam kaitannya dengan kegiatan belajar mengajar, terdapat beberapa hal yang harus ditekankan, di antaranya (1) dapat membantu mewujudkan situasi belajar yang efektif; (2) saling berhubungan dengan komponen lain untuk menciptakan situasi belajar yang diharapkan; (3) harus melihat pada kompetensi dan bahan ajar; (4) tidak digunakan hanya untuk permainan atau memancing perhatian siswa; (5) dapat menangkap tujuan dan bahan ajar lebih mudah dan cepat; (6) membantu siswa lebih lama dalam mengingat materi sehingga kualitas pembelajaran menjadi tinggi; (7) dapat mengurangi verbalisme karena meletakkan dasar-dasar konkret untuk berpikir (Susilana & Riyana, 2018).

Media pembelajaran yang digunakan di dalam pembelajaran ini sangat beragam, salah satunya adalah Canva. Canva memiliki beberapa kelebihan, seperti banyaknya desain yang tersedia; dapat meningkatkan kreativitas guru dalam membuat media pembelajaran; praktis; dapat mendesain melalui gawai selain dengan menggunakan laptop (Tanjung & Faiza, 2019). Canva merupakan sebuah aplikasi edit yang di dalamnya menyediakan berbagai macam template, baik untuk membuat poster, slide, video, pamflet, dan lain-lain. Dari hal-hal yang telah disebutkan, salah satu yang dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran adalah video. Video adalah media elektronik yang mampu menggabungan teknologi audio dan visual secara bersama sehingga menghasilkan tayangan yang dinamis dan menarik (Yudianto, 2017). Penggunaan video sebagai media pembelajaran dinilai dapat menunjang kegiatan belajar mengajar karena lebih dapat menarik perhatian audiens terhadap materi yang disampaikan di dalam video; dapat memberikan penjelasan secara terperinci sehingga lebih mudah dipahami; meningkatkan minat dan semangat audiens di dalam menyimak materi; dan memberikan kemudahan bagi audiens untuk dapat mengulang kembali materi sehingga dapat mengingat isi konten kembali. Hal ini seperti yang disampaikan oleh Arsyad dalam Yudianto (2017) di mana video memiliki empat fungsi, yaitu (1) fungsi atensi, yaitu video dapat menarik perhatian dan mengarahkan konsentrasi audiens terhadap konten di dalam video; (2) fungsi afektif, yaitu video dapat menggugah sikap dan emosi audiens; (3) fungsi kognitif, yaitu video dapat membantu mempercepat tujuan pembelajaran, kaitannya dengan pemahaman; dan (4) fungsi kompensatoris, yaitu video dapat memberikan konteks kepada audiens yang sulit mengingat kembali suatu materi yang sudah diperoleh.

Penggunaan video Canva sebagai media pembelajaran dapat mempermudah kegiatan transfer materi yang dilakukan pada saat kegiatan belajar mengajar. Hal ini dikarenakan dengan menggunakan video berbasis Canva dapat memberikan pengalaman baru kepada peserta didik. Penanyangan videonya dapat membuat peserta didik merasa seolah-olah berada atau turut dalam suasana yang tergambar di dalam video (Yudianto, 2017). Selain itu, dengan tampilannya yang beragam dan menarik, akan membuat peserta didik lebih semangat di dalam belajar. Sebelum media pembelajaran menjadi sebuah video, maka pengguna terlebih dahulu membuat materi yang dimuat di dalam slide-slide atau biasa disebut dengan power point. Canva menyediakan template-template yang beragam dengan berbagai warna dan pilihan ilustrasi yang menarik. Canva menjadi media yang menyediakan lebih banyak template menarik untuk menarik minat peserta didik dalam proses pembelajaran (Pelangi, 2020).            

Selain dapat menarik minat peserta didik di dalam proses belajar mengajarnya, video Canva juga efektif dan efisien jika digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dikarenakan video dapat diputar secara berulang. Peserta didik juga akan mendapatkan pemahaman yang lebih dengan salah satu keunggulan tersebut. Selain itu, video Canva juga praktis dan dan mempermudah pembelajaran karena dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Hal ini menjadi solusi yang tepat, khususnya di dalam pembelajaran jarak jauh. Selain itu, pemahaman peserta didik juga akan terbantu dengan penyajian materi secara terperinci melalui video Canva tersebut.

(Visited 17 times, 1 visits today)

Join The Discussion