Esai

Bintang Memiliki Cahayanya Sendiri dalam Bersinar

Apakah kalian pernah merasa tertinggal jauh dari teman-teman kalian? Merasa hidup kita kurang adil karena orang-orang terlihat mudah mendapatkan sesuatu yang mereka inginkan tapi tidak dengan kita? Bayangan ekspektasi keluarga yang tinggi terhadap kita membuat semakin hari menjadi beban, apalagi hingga sekarang kita merasa belum memberikan apa-apa kepada mereka. Terkadang, kita merasa sudah berjuang dalam menggapai apa yang kita inginkan, tapi tidak pernah ada ujungnya. Saya percaya bahwa proses masing-masing orang memang berbeda, mungkin saya melihat proses teman saya sangat mudah, tapi kita tidak tahu apa saja yang telah mereka korbankan dan perjuangan sekeras apa yang telah mereka lakukan.

 Tidak ada manusia yang tidak berproses karena sejatinya proses memang tidak pernah terlihat dan orang lain juga tidak mau melihat itu, mereka hanya melihat hasil. Namun sekarang, bagaimana cara kita untuk tetap merasa bersyukur ketika teman-teman kita sudah mendapatkan apa yang mereka harapkan, sedangkan kita masih berjuang untuk menggapainya. Bahkan, terkadang ketika kita sudah mulai bangun dan berlari mencapai impian kita justru orang di sekitar kita membuat kita terjatuh lagi. Apalagi selalu dibanding- bandingkan mengenai pencapaian kita dengan orang lain, hal itu tentu sangat menyakitkan.

Hidup ini sejatinya bukanlah kompetisi di mana kita harus berlari mencapai garis finis terlebih dahulu. Matahari saja butuh waktu untuk terbit dan terbenamnya, lalu digantikan oleh bulan dan bintang yang juga ada waktunya. Jadi, mengapa kita selalu merasa risau dengan pencapaian orang lain? Percaya pada diri sendiri, bahwa setiap orang akan memiliki masanya tersendiri untuk mencapai mimpinya. Sampai kapan kita terus membandingkan pencapaian kita dengan orang lain? Terkadang pasti ada rasa lelah dalam melewati serangkaian proses ini. Namun, hidup itu terus berjalan. Kita sebagai manusia harus tetap percaya bahwa suatu saat kita pasti akan menemukan kebahagiaan kita, yakni mencapai apa  yang telah kita perjuangkan selama ini.

Semua pasti ada gilirannya masing-masing. Jika sekarang kita merasa belum mendapatkan apa yang kita harapkan maka bersabarlah. Mungkin saja ini memang belum waktunya kita mendapatkan apa yang kita inginkan. Kesuksesan itu akan menjadi kepastian jika kita bekerja keras dan terus berusaha mencapainya walaupun dengan proses yang sulit. Pastinya kalian sudah tahu beberapa konglomerat yang sukses, salah satunya bapak Chairul Tanjung yang padahal beliau bukan berasal dari keluarga berada. Hal tersebut dapat menjadi motivasi kita bahwa dengan kegigihan dan semangat kita pasti akan mencapai apa yang kita inginkan.

Jika sekarang kita merasa lelah atas proses yang kita jalani maka istirahatlah, tapi jangan menyerah karena bisa saja sedikit lagi keinginan kita akan tercapai karena sebenarnya tidak ada yang terlalu cepat dan terlalu lambat dalam perjalanan hidup setiap manusia. Semua hal akan datang di waktu dan kondisi yang tepat. Jangan lupa untuk selalu berdoa dan berusaha. Berdamai dengan diri sendiri dan berdamai dengan ekspektasi yang ada dalam diri, itu akan membuat kita menjadi manusia yang lebih bersyukur, sehingga kita tidak akan membanding-bandingkan dan iri terhadap pencapaian orang lain.

Terus memperbaiki dan memotivasi diri untuk selalu bersemangat menjadi salah satu hal yang dapat mendorong kita untuk terus berjuang hingga kita mendapatkan hasil yang kita inginkan. Kesuksesan itu bukan berarti siapa yang mencapai apa yang diinginkannya lebih dahulu, tetapi siapa yang bersabar dan terus berjuang ketika menjalani sebuah proses sehingga dirinya menjadi pribadi yang lebih kuat daripada sebelumnya.

            Apabila proses yang kita lalui lebih lama dari orang lain, bukan berarti kita adalah orang yang gagal. Merasa kecewa dan sedih ketika kita gagal mendapat sesuatu bukanlah suatu larangan dan hal tersebut wajar dirasakan oleh kita sebagai manusia. Kita semua tidak pernah tahu akhir dari proses yang kita lalui, tapi kita harus selalu percaya bahwa hasil tidak akan mengkhianati proses. Kita harus selalu percaya terhadap kemampuan yang kita miliki. Semua orang memiliki kelebihan masing-masing, sehingga jangan pernah menghakimi diri karena tidak memiliki kemampuan yang orang lain miliki.

Jadi, sebagai manusia, melewati sebuah proses merupakan hal yang semua orang pasti akan mengalaminya. Namun, semua itu pada akhirnya akan kembali lagi terhadap diri kita, apakah kita percaya dengan kemampuan yang kita miliki dan yakin dengan usaha yang telah kita lakukan. Saat ini, yang penting adalah kita harus fokus terhadap mimpi kita, bukan malah fokus membandingkan diri dengan orang lain. Karena bagaimanapun juga, dengan selalu membandingkan diri dengan orang lain, kita tidak akan bisa fokus terhadap diri kita dan hal tersebut malah akan membuat kita menjadi pribadi yang tidak percaya diri.

 Oleh karena itu, mulai sekarang berhentilah membandingkan diri dengan orang lain dan konsisten terhadap kerja keras yang kita lakukan karena kita harus percaya bahwa setiap kesulitan pasti suatu saat akan berganti dengan kebahagiaan. Intinya yang harus kita lakukan sekarang untuk mencapai keinginan dan cita cita kita adalah dengan fokus terhadap diri sendiri dan manfaatkan waktu yang kita punya dengan sebaik-baiknya, serta nikmatilah proses yang kita lalui sekarang dan jangan pernah menyerah. Percayalah dengan kemampuan yang kalian miliki karena bintang memiliki cahayanya sendiri untuk bersinar, ketika kita telah bersinar kita akan merasa bersyukur dan lebih menghargai apa yang kita miliki.

Editor: Nila Prihartanti

(Visited 15 times, 1 visits today)

Join The Discussion