Budaya

Keindahan Wisata Grojogan Sewu

Sumber gambar: https://www.solopos.com/

Narasi Budaya – Grojogan Sewu merupakan salah satu kawasan wisata alam yang menonjolkan keindahan air terjun. Air terjun ini terletak di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah. Air terjun Grojogan Sewu berlokasi di lereng Gunung Lawu. Grojogan Sewu termasuk bagian dari Hutan Wisata Grojogan Sewu.

  • Sejarah Taman Wisata Grojogan Sewu

Grojogan Sewu dalam bahasa Jawa berarti air terjun seribu, meski air terjun di sini tidak berjumlah seribu namun titik air yang mengalir dapat dinikmati keindahannya. Kata sewu atau seribu sendiri berasal dari satuan jarak atau bisa disebut dengan seribu pecak  yang merupakan tinggi dari air terjun. Satu pecak sama dengan ukuran satu telapak kaki orang dewasa. Air terjun Grojogan Sewu memiliki tinggi kurang lebih 81 meter.

  • Mitos Taman Wisata Grojogan Sewu

Air terjun Grojogan Sewu cukup ikonik dengan segala pesonanya. Kawasan ini juga memiliki daya tarik dengan keindahan alam yang dimilikinya. Terlepas dari segala pesona dan keindahannya, air terjun ini juga memiliki sebuah sejarah dan mitos yang berkembang di masyarakat seperti kebanyakan tempat wisata lainnya. Hal ini menjadi hal yang sangat wajar karena mengingat lokasinya yang berada di tengah hutan belantara. Ada salah satu mitos yang sudah sering didengar mengenai jembatan yang terdapat di kawasan air terjun Grojogan Sewu. Masyarakat sekitar percaya jika ada sepasang kekasih yang melewati jembatan tersebut maka akan segera putus. Meskipun begitu, perihal tentang mitos tersebut yang diyakini oleh masyarakat sekitar ini tergantung kepada pribadi masing-masing.

  • Pesona Grojokan Sewu

Tiba di Grojogan Sewu yang sangat indah. Menikmati air terjun di antara bebatuan adalah suatu keharusan. Kemudian cuci tangan, kaki, dan wajah Anda dengan air yang menyegarkan. Benar-benar seperti surga dunia. Anda tidak boleh mendekati air terjun karena air terjun ke bawah disertai tiupan angin yang sangat kencang. Ini sangat berbahaya bagi semua teman perjalanan. Usulan ini perlu pertimbangan yang matang. Sehingga semua liburan Sahabat Traveling tak terlupakan.

Di antara bebatuan ini terdapat cekungan yang dalam dan cukup panjang untuk berenang. Semua penggemar Traveler juga bisa menikmati layanan lainnya seperti Fling Fox dan Mini White Water Rafting.

  • Akses Taman Wisata Grojogan Sewu

Kawasan Grojogan Sewu memiliki luas kurang lebih 20 hektar yang ditumbuhi oleh berbagai jenis pepohonan dan terdapat kera-kera yang berkeliaran bebas di area Grojogan Sewu. Air terjun ini memiliki 2 akses pintu masuk yang dapat dipilih. Dua pintu masuk ini memiliki keunikan serta keindahannya masing-masing. Pintu masuk pertama adalah pintu masuk yang sudah banyak dikenal oleh wisatawan. Jalur ini biasanya begitu ramai karena banyaknya kuda-kuda yang berlalu lalang. Hal yang membuat unik dari jalur ini adalah kita melewati anak tangga yang cukup fantastis. Ada 1000 anak tangga yang harus kita lalui untuk menuju ke kawasan air terjun. Pintu masuk kedua cukup bersahabat untuk para wisatawan terlebih kepada lansia dikarenakan jalurnya yang cukup landai. Selama perjalanan kita dapat menikmati taman mini yang terdapat patung ular dan katak yang dialiri air sehingga membentuk taman yang menarik perhatian dan warung makan yang menyediakan sate kelinci da juga sate landak.

  • Kegiatan dan Objek Wisata Alam Grojogan Sewu

Kegiatan yang sering dilakukan oleh para pengunjung adalah berinteraksi dengan kera. Pengunjung yang datang ke kawasan air terjun pasti akan berjumpa dengan para kera-kera yang bergelantungan di pepohonan. Kera-kera tersebut sering kali merebut barang ataupun makanan yang dibawa oleh para pengunjung. Oleh sebab itu pengunjung diharapkan berhati-hati dengan barang bawaan yang dibawa. Selain berinteraksi dengan para kawanan kera, para pengunjung juga melakukan kegiatan outbond di kawasan air terjun. Kegiatan outbond yang banyak dilakukan oleh para wisatawan adalah berenang, di kawasan air terjun terdapat sebuah cekungan yang cukup luas dan dalam sehingga dapat mereka gunakan untuk kegiatan olahraga tersebut. Pengunjung juga dapat melakukan kegiatan lainnya seperti menikmati fasilitas yang telah disediakan oleh pihak taman wisata Grojogan Sewu yang berupa permainan flying fox dan juga mini rafting.

  • Rute Dan Lokasi Grojokan Sewu

Air Terjun Grojogan Sewu terletak di Desa Sepanjani, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar. Pecinta wisata bisa mencapai tempat ini dengan kendaraan pribadi. Arahkan kendaraan menuju Terminal Tawangmangu. Menuju Terminal Tawangmangu cukup mudah. Dari Terminal Tirtonadi, jalan lurus saja. Dari Terminal Tawangmangu, Anda bisa berjalan pelan karena jarak antara terminal dan Gate 1 cukup pendek, sekitar 1 kilometer. Dan jarak pintu masuk kedua adalah 500 meter dari pintu masuk pertama. Dari salah satu destinasi wisata alam di Karanganyar tersebut, objek wisata ini memiliki  karakteristik dengan segala pesonanya dan tentunya menjadi daya tarik pusat perhatian di Kabupaten Karanganyar.

(Visited 5 times, 1 visits today)

Join The Discussion