Kuliner

Nasi Grombyang Haji Warso : Kuliner Wajib Saat Tiba Di Pemalang

Pemalang – Nasi Grombyang H. Warso Pemalang adalah salah satu kuliner khas Kota Pemalang yang sangat dikenal baik dengan warga setempat maupun para pengunjung dari luar daerah yang sedang berada di kota tersebut. Dengan cara penyajian yang terbilang berbeda dengan mayoritas kuliner berkuah lainnya, nasi grombyang memang terasa sangat ‘mengena’ di lidah. Nasi grombyang adalah nasi dalam mangkuk yang disiram kuah sedikit pekat dengan campuran daging sapi atau kerbau. Meski warung nasi grombyang Pak Warso tidak terlalu besar, akan tetapi warung ini selalu menjadi rujukan bagi mereka para pecinta Nasi Grombyang. Selain dikenal paling enak, harganya pun relatif terjangkau bagi semua kalangan.

Warung makan Nasi Grombyang H. Warso ini terletak di sebelah utara alun-alun Pemalang, dari swalayan indomaret ke utara, tepatnya di sebelah barat jalan jika arah kita dari selatan, tepatnya di Jalan RE Martadinata ada di sebelah selatan pasar tersebut. Kondisi warungnya sangat bersih, sang koki ada dibelakang ruang makan, sedangkan di tempat ini kita bisa melihat sang koki ada di pintu masuk. Di sudut ruangan tersebut ada 4 orang pengamen yang siap menghibur pengunjung. 

Harga seporsi untuk Kuliner Pemalang Nasi Grombyang pada umumnya adalah Rp 14.000. Untuk sate kerbau/sapi pelengkapnya cukup Rp 3.000 saja. Harga ini tidak tetap, artinya akan terupdate seiring berjalannya waktu dan harga sembako. Biasanya Warung Nasi Grombyang H. Warso ini mulai melayani para pembelinya mulai dari jam 8 pagi sampai jam 9 malam setiap hari. Sejarah 

Nasi Grombyang yang kemudian menjadi salah satu ikon kuliner Pemalang sebenarnya masih belum diketahui dengan jelas. Akan tetapi, menurut warga setempat, nasi grombyang sudah dikenal sejak era 1960-an. Awalnya, para penjual Nasi Grombyang menjajakan dagangannya dengan berkeliling, keluar masuk kampung. Seiring dengan semakin banyaknya orang yang ketagihan akan nikmatnya makanan ini, maka muncullah beberapa warung Nasi Grombyang. 

(Visited 160 times, 1 visits today)

Join The Discussion