Kuliner

Renyahnya Keripik Tempe, Makanan Khas Kabupaten Ngawi yang Bikin Nagih

Keripik tempe adalah salah satu makanan olahan tempe yang menjadi makanan khas Kabupaten Ngawi. Tempe berasal dari Pulau Jawa beberapa abad yang lalu. Pada waktu itu, orang-orang Jawa mengembangkan sebuah makan fermentasi kedelai yang disebut tempe. Berbeda dengan jenis keripik pada umumnya yang banyakdibuat dari singkong atau kentang, Keripik Tempe dibuat dari bahandasar tempe kedelai sehingga memiliki cita rasa yang sangat khas. Keripik Tempemerupakan salah satu makanan khas yang cukup terkenal Indonesia, salah satunyaadalah daerah Ngawi, Jawa Timur yang menjadikan Keripik Tempe ini sebagaimakanan khas di sana.

kentang, Keripik Tempe dibuat dari bahandasar tempe kedelai sehingga memiliki cita rasa yang  sangat khas. Keripik Tempemerupakan salah satu makanan khas yang cukup terkenal  Indonesia, salah satunyaadalah daerah Ngawi, Jawa Timur yang menjadikan Keripik Tempe  ini sebagaimakanan khas di sana.  

Keripik Tempe ini memiliki bentuk yang sangat tipis,sehingga menghasilkan tekstur yang  empuk dan sangat renyah. Selain itu, karenabahan dasarnya adalah tempe makan menghasilkan  rasa gurih yang sangat khas. Di Indonesia sendiri Keripik Tempe biasanya diolah denganbentuk  dan rasa yang bervariasi. Namun untuk Keripik Tempe di daerah Ngawibiasanya memiliki  bentuk kotak dan sangat tipis sehingga terasa renyah. Selainitu adonan tepungnya lebih sedikit  sehingga rasa gurih tempenya sangat terasa. 

Proses pengolahan Keripik Tempe ini hampir sama dengan tempegoreng biasa, hanya saja  proses pemotongannya sedikit berbeda. Pertama KeripikTempe di potong-potong dengan alat  kusus sehingga tidak mudah hancur. Setelahitu irisan tempe tersebut dicelup kedalam adonan  bumbu agar terasa gurihnya.Kemudian digoreng kering dengan minyak sedang sehingga bisa  dapat mengembangdan tidak mudah gosong. Keripik Tempe ini biasanya dikemas dengan  plastik rapatsehingga rasa renyahnya bisa tahan lama.

Penulis: Clarissa Nindytya Cahya

(Visited 5 times, 1 visits today)

Join The Discussion