Kuliner

Nasi Liwet Kuliner Legendaris Khas Kota Solo

Solo – Salah satu kota di Indonesia yang terkenal dengan makanan khasnya adalah Kota Solo, Jawa Tengah.

Anda tidak perlu khawatir jika sedang berwisata ke Solo karena Solo memiliki beragam kuliner yang terkenal dengan rasanya yang unik dan khas.

Saat membicarakan makanan khas Kota Solo, Nasi Liwet menjadi salah satu jawabannya. 

Sejarah singkatnya, dahulu ketika diadakan proses Selametan, masyarakat selalu menghidangkan Nasi Samin, akan tetapi saat itu tidak banyak masyarakat Jawa yang mampu memasaknya sehingga dibuatlah Nasi Liwet.

Hidangan ini mudah ditemui di Kota Solo, baik di pinggir jalan maupun di berbagai rumah makan karena Nasi Liwet ini menjadi salah satu makanan yang digemari masyarakat.

Sejak tahun 1823 Nasi Liwet telah ada, yaitu saat Pulau Jawa diguncang Gempa Bumi, di mana saat itu Nasi Liwet disajikan sebagai doa untuk keselamatan masyarakat Jawa.

Dalam bahasa Jawa, Liwet artinya “tanak” sehingga Nasi Liwet tersebut di masak dengan satu kali proses tanpa dikukus.

Penjual Nasi Liwet banyak tersebar di Kota Solo, khususnya di daerah Kerten, Keprabon, dan Solo Baru.

Selanjutnya, bahan utama yang dibutuhkan dalam pembuatan Nasi Liwet, antara lain beras, santan kelapa, ayam areh, areh santan, dan sayur labu  siam.

“Nasi Liwet menurut saya adalah makanan yang istimewa karena nasinya yang gurih dan suwiran ayamnya yang empuk sehingga memudahkan kita untuk menyantapnya”, kata Andriana (19) seorang mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik melalui WhatsApp, Jumat (01/10/2021).

Nasi Liwet memang memiliki cita rasa yang lezat dan pelengkap lauk yang tidak kalah nikmatnya.

“Alasan saya menyukai Nasi Liwet adalah rasanya yang gurih disertai pelengkap yang nikmat, seperti ayam suwir, telur putih kuning, dan sayuran yang mantap”, kata Zevika (18) seorang mahasiswi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan melalui WhatsApp, Jumat (01/10/2021).

Jika membicarakan Nasi Liwet yang populer di Kota Solo, Nasi Liwet Bu Wongso Lemu adalah salah satunya.

Warung makan yang terletak di Jalan Teuku Umar, Keprabon, Kecamatan Banjarsari, Kota Surakarta ini sudah populer sejak tahun 1950.

Satu porsinya terdiri dari nasi gurih yang dipincuk dengan daun pisang, serta aneka lauk dari suwiran ayam, sayur labu siam, telur, bubur santan, serta pelengkap lauk, seperti dada, paha, dan sayap ayam.

Perpaduan rasa pedas, gurih, dan manis begitu memancing kehadiran wisatawan yang sedang berkunjung.

Nasi Liwet Bu Wongso Lemu ini buka pada pukul 16.00 – 01.00 WIB, dengan harga mulai dari Rp19.000,00 dalam satu porsinya.

Penulis: Safira Meisa Dewi

(Visited 109 times, 1 visits today)

Join The Discussion