Uncategorized

Uang Tidak Menjadi Tolak Ukur Bagi Kesuksesan Seseorang

“Orang sukses adalah orang yang memiliki banyak uang dan kekayaan”.

Pasti kita sering mendengar orang-orang disekitar kita membicarakan statement tersebut. Mereka beranggapan bahwa kesuksesan hanya dimiliki oleh orang-orang yang beruang. Sebelum kita mengenal kesuksesan secara lebih dalam kita harus mengetahui terlebih dahulu apa itu makna kesuksesan. Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kesuksesan dapat diartikan sebagai keberhasilan atau keberuntungan.

Selain itu, ada juga makna kesuksesan dari beberapa tokoh dunia. Pertama, menurut Brian Tracy kesuksesan adalah keinginan untuk menjalankan hidup sesuai dengan keinginanmu, melakukan apa yang ingin kamu nikmati, dikelilingi keluarga, teman dan orang yang kamu hormati. Kedua, menurut Donald Trump sukses bagaikan berjalan maju dari satu kegagalan menuju kegagalan lain tanpa pernah kehilangan antusias berusaha.

Ketiga, menurut Zig Ziglar sukses adalah melakukan yang terbaik apa yang bisa kita lakukan dengan apa yang kita miliki. Keempat, menurut Ted Turner sukses adalah saat kamu berperilaku dengan benar dan mampu menempatkan diri sebaik-baiknya. Dari pendapat diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa kesuksesan merupakan keberhasilan atau keberuntungan hidup yang sesuai dengan apa yang kita inginkan setelah kita melewati kegagalan dengan adanya dorongan dari orang-orang yang ada di sekitar kita.

Kesuksesan itu tidak hanya melulu soal uang, tetapi kesuksesan memiliki banyak sekali kedudukan dan juga tolak ukurnya dari masing-masing orang. Setiap orang pasti memiliki kriteria kesuksesan yang berbeda. Karena sukses itu luas, contohnya saja ketika kita dapat menyelesaikan pekerjaan tepat waktu, memiliki banyak uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, memiliki hobi yang membawa kita dalam kebahagiaan, cita-cita yang diinginkan satu persatu terwujud, lulus kuliah tepat waktu, bisa masuk universitas favorit, dan membahagiakan orang tua.

Semua itu merupakan contoh kesuksesan dari masing-masing orang sesuai dengan kriterianya. Jadi, kesuksesan itu bisa disebut juga sebagai pencapaian atas tujuan yang sudah kita tentukan sebelumnya. Dari sekian banyak kriteria sukses, sebenarnya apa sih tujuan utama dari kesuksesan itu sendiri? Orang yang berkeinginan untuk sukses biasanya bertujuan untuk mencapai apa yang telah diinginkan atau dicita-citakan. Baik itu dicita-citakan oleh diri mereka sendiri maupun dengan orang lain. Kemudian ada juga tujuan yang lain seperti keinginan untuk mengangkat status sosial mereka dalam masyarakat agar merasa aman, nyaman, serta dihargai dalam menjalankan kehidupan.

Selain itu, juga ingin menjadi inspirasi atau contoh yang baik bagi orang lain. Untuk mencapai tujuan dari kesuksesan kita harus menyusun rencana apa saja yang akan kita ambil untuk kedepannya. Karena hal tersebut harus direncanakan secara matang supaya tidak terjadi hal-hal yang mungkin saja akan menghambat dalam mencapai kesuksesan. Selain itu, kita juga harus memiliki komitmen yang kuat supaya kita tidak goyah dalam mencapai tujuan. Kita juga harus melakukannya dengan sepenuh hati, apabila target yang diinginkan sudah tercapai kita harus memberi reward kepada diri kita sendiri sebagai bentuk apresiasi karena sudah bekerja keras untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

Berikut ini adalah kiat-kiat dalam mencapai kesuksesan yang bisa kalian terapkan!

Hal yang paling mendasar ketika kita ingin meraih kesuksesan adalah menentukan target terlebih dahulu. Karena dengan menentukan target akan membantu dalam melihat arah mana yang akan kita tuju, dan kinerja kita juga akan lebih terarah.

Rasa percaya diri menjadi modal utama dalam mencapai kesuksesan. Orang yang percaya diri cenderung akan selalu berpikiran positif, hal tersebut akan membuat diri mereka menjadi lebih mudah dalam berkembang.

Berusaha untuk meraih apa yang sudah ditargetkan dengan sebaik mungkin. Berfokus pada masa sekarang dan masa depan, serta yakin dan percaya atas kemampuan yang dimiliki oleh diri sendiri. Berani belajar dari kegagalan-kegagalan yang pernah dialami sebelumnya dan memiliki kemauan yang keras serta tekad yang kuat dalam berusaha.

Skill dalam kesuksesan sangat diperlukan. Untuk meraih kesuksesan kita harus bisa mengasah skill yang kita miliki sesuai dengan perkembangan yang ada. Mengembangkan skill bisa dilakukan dengan mengikuti organisasi-organisasi yang ada disekitar kita dan juga memperbanyak interaksi dengan orang lain.

Melakukan evaluasi terhadap diri kita itu sangat penting. Terutama ketika kita ingin meraih suatu hal atau kesuksesan. Kita perlu melakukan evaluasi untuk melihat apakah usaha kita sudah maksimal, apakah kemampuan kita sudah mumpuni, dan apakah hasil yang kita peroleh itu sudah sesuai dengan tujuan yang ditetapkan sebelumnya. Dari evaluasi ini akan mucul pikiran-pikiran baru untuk menuju kesuksesan berikutnya.

Dari penjelasan diatas dapat diambil kesimpulan bahwa sukses tidak hanya untuk orang yang memiliki uang. Tetapi, sukses untuk orang-orang yang berani dan mau berusaha atas kemampuan yang dimiliki dirinya sendiri. Selalu optimis atas apa yang sudah menjadi tujuan hidupnya dan tidak menyerah ketika kegagalan menghampirinya. Orang sukses adalah orang yang berani maju diatas langkah kakinya sendiri tanpa menurunkan kesuksesan orang lain. Setiap kesuksesan yang sudah kita raih harus kita pertahankan dan jaga sebaik mungkin untuk menjadi acuan kita dalam mencapai tujuan kesuksesan yang lain. Karena motivasi terbaik adalah pengalaman yang pernah kita lakukan.

Kesuksesan seseorang tidak hanya diukur dari materi yang dimiliki, tetapi kesuksesan seseorang dapat dilihat dari bagaimana proses dia berusaha. Tidak menyerah ketika ada kegagalan yang terjadi, mampu untuk mengapresiasi dirinya sendiri dengan pencapaian yang telah diraihnya, dan merasa bahagia dengan apa yang dia peroleh saat ini. Karena sukses berasal dari diri kita dan akan kembali kepada diri kita juga. Jadi, stop beranggapan bahwa sukses itu hanya untuk orang-orang yang memiliki uang dan kekayaan!

Editor : Rosantika Utami

(Visited 45 times, 1 visits today)

Join The Discussion